Thursday, January 4, 2018

Kampung Terang, Program Penerangan Jalan Umum (PJU) Kota Tangerang


Ooo... kui tah kang lampu jalan sing njenengan maksud?

Ho...oh... kebetulan pas lagi main ke rumah 'lek ku akhir bulan lalu, pas lagi ada pemasangan lampu jalan PJU disana.. jadi sembari namu, yo sambil tak amati, sisan tak jeprat jepret 1-2 foto hehe... 

Tapi rumangsaku kok duwur men yo kang?

Rumangsaku yo ngono jane...
Wong nek tak bandingin hampir 11 12 kok sama tiang panjat pinang 17-an wingi #Glunthang
Mangkane cahaya lampune yo dibilang terang banget enggak, dibilang gelap remang-remang yo ora...

Soale ya itu tadi, untuk ukuran jalan setapak kaya gang gini, jujur ae tiang lampune memang agak ketinggian menurutku...

Cuma yo balik lagi, kar'na program ini sendiri sedari awal memang ditunjukkan untuk penerangan jalan umum (dengan definisi jalan yang mungkin dianggap cukup ramai dilalui oleh kendaraan bermotor), dan bukan untuk jalan setapak (sekalipun jalan setapak juga bisa dikategorikan sebagai jalan umum yang dilalui warga), jadi klo secara general sih, tinggi tiang lampu diatas mungkin bisa kita kategorikan cukup proporsional untuk dipasang dimanapun.

Dan tanpa bermaksud ngebagus-bagusin kinerja Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Tangerang, harus tak akui klo pemasangan lampu PJU ini sendiri tergolong cukup cepat. Beneran... saya bisa bilang kerja mereka cepat, karena saya kebetulan nyaksiin sendiri pemasangan lampu ini mulai dari awal para pekerja mbobok tanah sampe tiang lampu tersebut berdiri. 

Dan jujur aja... kerjanya pun bisa dibilang cukup terstruktur, soale sebelum mereka mulai masang, tak amat-amati tukang-tukang yang pada masang lampu PJU ini, memang kaya udah tau jobdesk mereka itu apa dilapangan. 

Ada yang bertugas nentuin titik dimana lampu-lampu tersebut akan dipasang, ada yang bertugas mbobok jalan, ada yang bertugas ngangkutin puing sisa bobokan jalan, ada yang bertugas ndiriin tiang lampu dan ada juga yang bertugas nyambung kabel listrik antar tiang lampu tersebut dan memastikan lampu PJU tersebut bisa nyala.  

Makanya gak heran, klo proses pemasangan lampu PJU ini bisa kelar lumayan cepat. Soale antara pekerja yang satu dengan petugas yang lain memang gak main tunggu-tungguan dan numpuk di satu titik. Tapi secara bergantian nyelesain tugas mereka masing-masing.

Dan kalaupun ada yang mau saya kritisi, paling ya cuma durasi nyala lampunya aja sih... Soale tak denger-denger lampu PJU ini memang nyala dan mati secara otomatis sesuai settingan dari para pekerja elektrikal yang ada di lapangan. Sebuah inovasi cerdas yang tentu harus sama-sama kita apresiasi. 

Cuma ya durasi nyalanya itu tadi sih yang amat disayangkan, soale lampu PJU ini tak amati justru udah mulai nyala dari jam 11 siang dan malah mati tepat jam 11 malem. Jadi, mulai jam 11 malem sampe besok paginya, lampu PJU ini justru sama sekali nggak berfungsi untuk menerangi jalan. Padahal kalo boleh jujur, penerangan kaya gini ini sebetulnya justru dibutuhin warga mulai dari malam hingga pagi hari.

Dan disinilah sebetulnya peran serta aktif dari warga masyarakat sekitar dan para perangkat desa dibutuhkan untuk menyempurnakan program dan tugas yang diemban oleh pemkot setempat. Soale tanpa ada aduan dari masyarakat, pemkot yo jelas gak bakal tau misal ada kekeliruan teknis macem gini ini. 

So, alangkah jauh lebih bijak jika setiap pihak ikut ambil bagian dalam menyempurnakan setiap program baik yang dirancang oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah :)

Iklan layanan masyarakat ini disampaikan oleh .... #Gedubrak


Wednesday, January 3, 2018

Fenomena Iklan Pop-up di Website Dinas


Ada sebuah pemandangan menarik yang saya temui, kala jari dan mata ini secara nggak sengaja menuntun saya ke sebuah website dinas milik Pemprov DKI Jakarta. Sebuah subdomain yang kelihatannya, memang difungsikan sebagai website resmi dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

Yap, ada 2 window baru berisi iklan yang secara otomatis terbuka, ketika kursor ini hendak saya arahkan untuk untuk mengunduh sebuah file pdf berisi Pergub No. 187. Sebuah Pergub yang isinya berhasil bikin saya kepo setelah berita tentang TGUPP DKI Jakarta menjadi sebuah perbicangan yang cukup hangat beberapa waktu lalu.

Oiya ini url postingan yang saya maksud:

http://disdik.jakarta.go.id/index.php/2017-01-20-03-02-46/provinsi-dki-jakarta/336-pergub-nomor-187-tahun-2016

Dan sekedar untuk memastikan kalau penglihatan saya barusan memang nggak salah, akhirnya saya coba intip dikit beberapa baris source code dari subdomain tersebut, dan taaa.... raaa...


Ternyata bener, ada script iklan pop-up dari network popads dan popcash disana... 

Dan untuk mem-validasi temuan tersebut, saya putuskan untuk me-record 2 video tangkapan layar berikut ini:



---

Buat saya pribadi sih, nggak ada yang salah sebetulnya sama pemasangan slot iklan pop-up di situs tersebut. Apalagi, kalau slot iklan tersebut nantinya akan turut digunakan oleh pemprov sebagai salah satu sumber anggaran dari dinas yang bersangkutan. 

Cuma... ada cuma-nya nih hehe... 

Jujur aja, ada sebuah pemandangan yang saya rasa kurang elok, ketika sebuah website "pendidikan" justru menampilkan iklan yang tergolong "vulgar" seperti yang saya record pada video pertama. Terlebih karena situs inipun kelihatannya turut diakses oleh para siswa dan orang tua. 

Dan itulah sebab kenapa, postingan ini akhirnya saya tulis... :) 


Tuesday, January 2, 2018

Channel Barunya Ghaida


Honestly, ada beberapa lagu Indonesia yang saya rasa lebih ngena feel-nya ketika dinyanyiin dan di cover ulang ke dalam bahasa lain, semisal jepang, ketimbang ketika lagu itu dinyanyiin didalam bahasa aslinya sendiri (Bahasa Indonesia). I don't know why, but sometimes beberapa lagu yang saya anggap biasa didalam bahasa Indonesia, justru berhasil bikin saya jatuh cinta ketika di cover kedalam bahasa lain. Especially, setelah beberapa kali saya nyaksiin live music dari beberapa musisi yang biasa meng-cover lagu-lagu Indonesia kedalam terjemahan bahasa lain, like Hiroaki Kato.


And sometimes, hal sebaliknya pun berlaku... ada kalanya, saya lebih suka ketika lagu Indonesia dinyanyiin oleh musisi lain, yang sebetulnya justru bukan orang Indonesia, like Debrah Jade.



And again, i don't know why haha...

Makanya abis dengerin lagu Akad versi Jepang di channel barunya Ghaida Ex. JKT48 barusan, saya mendadak pengen ikut nge-share lagu tersebut ke njenengan sekalian hehe... lha yo barangkali aja ada 1 atau 2 orang yang selera musik-nya agak 11 12 sama saya hahaha...

Btw, untuk yang belum tau... nama channel barunya Ghaida adalah Ghabus Project. Singkatan dari Ghaida dan Bagus, karena channel ini keliatannya memang bukan hanya dikelola oleh Ghaida seorang :)


Dan ini dia lagu Akad versi Ghaida dan Bagus (Japanese Version)



Jangan lupa like and subscribe ya kakak hahaha... kalo gak salah boleh request juga deh di reply comment-nya, soalnya tadi saya juga sempet request Jaran Goyang sama Juragan Empang lagunya Sheila On 7 yang Film Favorit hehe



Untuk liriknya ada di deskripsi lagu tersebut... (saya salin dibawah)

AKAD (Japanese Lyric)

Totemo shiawase kimi to futari de
Suwatteirutoki
Kimi to aruiteiru toki
Odorouyou boku to

Kyou ga saigodemo soredemo boku wa zutto shiawase
Itsumo kanshashiteru 
Sou iu koto dayo

Moshi hitoride itai no nara
hayaku boku ni oshieteyo
Boku ga kitaishinai youni
kimi ga kanashimanai youni

REFF

Istuka sono toki ga kitanara
boku no tsuma ni natte hosshi
Hare no hi mo ame no himo isshoni aruite
Achi kochi hashiri mawatte, waraatte

Itsuka wakarenotokigakitemo
Boku ni kimi wo mamorasete
Futari de saigo ni dakishimeaou
Douka soba ni ite

Douka boku no tomodachi ni
Douka boku no tsuma ni


Visit the Site