Sunday, June 23, 2013

Ngeblog Itu Seni...

Pernah nonton pertunjukan seni? entah itu Drama Musikal, Konser Musik, Film Boxoffice di bioskop, layer tancep, campur sari, bahkan sampe wayang kulit?

Pernah lah ya? masa seumur hidup cuma njagain rumah aja haha..

Nah klo pernah, sekarang saya mau nanya ke anda semua yang lagi baca postingan ini.

Menurut anda, seseorang yang nonton pertunjukan seni itu emang nonton karena emang dia suka atau justru ada yang nonton secara terpaksa (entah karena nggak enak sama pacar atau temennya atau hal-hal lainnya)?

Saya yakin anda bakal jawab ada yang nonton karena dia suka dan ada juga yang nonton secara terpaksa, bener nggak? artinya, saya bisa bilang kalo seni itu relatif untuk masing-masing orang.

Nah, ngeblog pun buat saya nggak beda jauh sama seni, yaitu sama-sama relatif untuk masing-masing orang dan sama-sama berevolusi.

Dulu Multiply jauh lebih disukain sama banyak orang ketimbang Blogger, cuma belakangan orang lebih milih ngeblog pake Blogdetik, kompasiana [Inget mbak Nita :'( ], Tumblr, Blogger, Wordpress dan lainnya, dan itu nggak salah, karena itu salah satu bentuk EVOLUSI kenyamanan orang-orang.

Saya nggak berhak nyalahin anda karena anda ngeblog pake Wordpress, dan saya pake blogspot, bener nggak?

Dan jujur, ngeliat makin banyak orang dari berbagai kalangan, profesi dan usia yang jadi seneng ngeblog, saya justru seneng banget. Diluar tujuan apapun yang mereka ingin wujudkan melalui tulisan mereka...

Saya inget pagi tadi, saya sempet update 3 atau 4 blog yang selama ini belum sempet-sempet saya updated, dan di blog satunya, ada yang komentar gini:

"Lah ini mah udah klasik gan. Ngerubah link domain atau ngerubah alamatnya sekalipun sangat berdampak pada traffik kita. Yang akhirnya bakakalan ambles. Sayang banget gan!!"

Dan saya jawab:

Classic untuk yg baru mulai ngeblog sekarang, tp belum tentu classic untuk yg ngeblog dari dulu2 dan belum terlalu familiar sama Dashboard baru blogger mulai tahun lalu :) 

Terus ada lagi yang ninggalin komentar gini:

"Postingan yg bermanfaat.
terima kasih Kakak.

Happy blogging!!"

Dan saya jawab:

Sama2 Happy Blogging juga :)

Dari dua contoh diatas, saya cuma mau ngasih ilustrasi kalo ngeblog itu seni, dan seni itu sifatnya relatif, tergantung dari mana kita mandangnya.

Sama halnya ketika kita ngasih komentar di blog orang lain, ketika kita nikmatin "seni" dari apa yang ditulis sama orang itu, secara spontan kita akan lebih gampang untuk ngasih komentar. Beda, ketika kita sama sekali nggak ngerti sama isi postingan yang ditulis sama orang itu, mau ninggalin komentar pun rasanya gimana gitu haha

Biarpun emang sih, lagi-lagi sama halnya kaya seni, ada orang-orang yang juga ninggalin komentar secara terpaksa dan sangat-sangat instant. I don't know, itu mereka lakukan untuk nyari traffic, atau apapun, yang jelas sesakti paranormal mereka bisa langsung komentar tanpa ngebaca postingan yang mau mereka komentarin haha... 

Salahkah?

Nggak lah, ngeblog itu seni kok, ketika anda ngasih pertunjukan seni yang bagus, orang lain juga akan ngerespons pertunjukan seni anda dengan meriah dan bukan secara terpaksa... 

That's it..

Blogging is Blogging and Blogging it's not about Traffic and money....  



14 komentar:

pakies said...

jadi inget Pak profesor yang mengenalkan istilah komentar kentut, hhh ingat nggak Kang ? entah kemana sekarang ya dia ?

jika ngeblog bertujuan untuk trafik maka dia akan berada pada wilayah yang kurang nyaman karena bayang-bayang angka selalu berada di wilayahnya.

Kalo saya, ngeblog ya karena disinilah tempat hiburan saya. Tempat belajar, berbagi, berinteraksi dan menyerap banyak hikmah di dalamnya. Makanya saya nulis di about bahwa ngeblog adalh rekreasi pikiran untuk menyerap hikmah di dalamnya.
Makanya saya nggak nyesal menghapus djanganpakies.com yang secara umur sudah hampir 3,5 tahun dengan segala resikonya, karena banyak pertimbangan yang salah satunya saya lebih nyaman d WP. dan itulah pilihan saya.

Sohra Rusdi said...

itulah amazingnya DJ nand karena sangat menikmati ngeblog sebagai seni, jadi persetan ama trafik, ama alexa, ama PR yang penting hati senang, apalagi kalau bisa membaca tulisan sahabat lagi seperti sediakala, saya nih yang berubah sob sudah kena racun nggak bisa nulis seperti dulu lagi bisa menggugah hati pembaca maunya cuma nulis untuk trafik untuk review aduh gimana ya kembali ke jalan yang benar

DJ Site | Blogger Serabutan said...

@ pakies : Hahaha... entah kang dimana keberadaan si profesor sekarang, terakhir dapet kabar dr Adit domain TLDnya udah gak dipake, terus jd blog software download-an... mungkin udah ditinggal para pengikutnya kang :)

Betul sekali kang, mau tidur aja masih mikirin traffic, mau aktivitas mikirin mesti update postingan, dll haha... jadi malah ngeganggu aktivitas klo yg model gitu... padahal ngeblog kan tujuannya fun, sempet ngeblog nggak sempet ywdh nggak usah dipaksain

Persis kang, rekreasi pikiran bahasa terpelajarnya, klo bahasaku ya seni itu tadi, makanya akupun nggak nyesel ngelepas domain biasa.in hhe... siapa tau setelah dilepas malah lebih berharga dipake orang lain :)

@ Munir Ardiku : Aku pun nggak munafik pernah kena juga racun susah nulis lepas kaya dulu bang, biasanya aku balikin semangatnya kalo abis ada event tertentu terus pengen kutulis, atau abis nyoba sesuatu pengen tak tulis, lama2 semangat ngeblog nongol lagi dan bisa mulai nulis lepas lagi hhe :)

Budi Nusa said...

Apalagi ditambah dengan seni menghasilkan uang pasti jadi tambah mengasyikkan

Sukadi said...

Ngeblog itu soal hati, pengen serius ya serius, pengen santai ya santai, kalau lagi males ya diamkan saja.. yang penting di nikmati :)

Rawins said...

urusan seni aku suka, om...
apalagi yang berkaitan dengan air seni
wuaah jangan tanya deh...

*pesingnya

haha

Aul Howler's Blog said...

Yepp..

as a personal blogger, our priority is not traffic. it's about passion. blogging is a hobby that can make us happy.

correct?

:)

P.S.
Hai bang. Long time no see

DJ Site | Blogger Serabutan said...

@ Budi Nusa : Kalo sekedar untuk iseng/pendapatan sampingan pasti asik mas, cuma klo untuk tumpuan utama tak kira malah nggak asik hhe

@ Sukadi: Bener banget tuh mas :)

@ Rawins: Hayah.. ojo diombe lho ngko mabok haha

@ AuL Howler : Yeahhh.. you're right Aul haha... its a passion :)
iya nih aku sebulan dirawat abisan jadi nggak ngeblog2 wkwkwk

M. Hudatullah said...

yep, dan seni dimulai dari hati...

saya juga sangat suka menonton pentas seni (apalagi gratis). Dan tidak semua pentas yang saya tonton ngena, ada yang terkesan cuma mengejar deadline, asal-asalan, ada juga yang total magnifique, tapi ada juga yang sederhana namun tetap mengena. Begitu juga dengan blog :)

Nyayu Amibae said...

anjing menggonggong kapilah berlalu,,
yg penting ngeblog bisa buat damai dan buat banyak temen,,, tetap semangaat menyambut bulan ramadhan,, :)

Sayi said...

Postingan yang bermanfaat...
Makasih kakak..
Happy blogging..!

*hihihihi...ngibrittttt... :P

BlogS Of Hariyanto said...

setuju banget, ngeblog itu wajib pake perasaan agar bisa membuat rasa yang berbeda dari blog-blog lainnya dan menjadi ciri khas kita sendiri...dan itu adalah seni yang luarbiasa...keep happy blogging always :-)

Yanuar Catur said...

Hoo, jangan peduli ttrafikk, tp iklan yah..heuheuheu..

Kalau perkara baca gak baca kayaknya juga tergantung sang nulis gan. Dan terserah pula yang komen. Yang penting dinikmati sajo lah..heuheuheu

DJ Site | Blogger Serabutan said...

@ Huda Tula : Nah itu maksudku hhe..

@ Nyayu Amibae : Yupz, gara2 ngeblog backpackeran kemana aja jadi punya temen hahaha

@ Ay Sagira : Aihh Mbak Ay iki jek arep ceng2an, di G+ blm cukup tah hahah

@ BlogS Of Hariyanto : Yak betul, itu intinya, seninya yg ngebuat tiap org punya ciri khasnya masing2 :)

@ yanuar catur : Ya kan makane tak bilang itu seninnya coba deh baca ampe abis aku udah nulis yg kamu koment itu haha...

DJ Site - Since 2009 Until Now

Creative Commons License
Blog Content by Ferdinand is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://dj-site.blogspot.co.id/.

Themes by blogcrowds. Design With ❤ for Blogger Serabutan